EXPLORE by FTB UAJ


Sains tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Berbagai peristiwa sederhana hingga fenomena besar dapat dijelaskan melalui ilmu pengetahuan dalam rangka menjawab rasa ingin tahu manusia. Bioteknologi merupakan salah satu bentuk penerapan ilmu yang lahir dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Melalui bioteknologi, banyak inovasi dalam beragai bidang kehidupan seperti bidang medis, farmasi, dan pangan dapat dikembangkan. Salah satu aspek terpenting dalam kemajuan bioteknologi adalah sumber daya manusia. Namun, bioteknologi masih sulit untuk diterima dan dikemangkan oleh masyarakat. Hal ini dapat menghambat perkebangan bioteknologi. Oleh karena itu, perlu dilakukan pendekatan yang dapat mengubah pandangan masyarkat tentang bioteknologi yang dulu dianggap sebagai hal yang asing menjadi hal yang akrab dengan keseharian masyarakat.

Mengingat pentingnya biotekologi untuk kehidupan di masa depan, makan pada tahun 2002 didirikanlah Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Jakarta (FTb UAJ). Berbagai prestasi berhasil diraih baik oleh mahasiswa, alumni, maupun dosen FTb UAJ. Ilmu yang dipelajari di FTb UAJ meliputi sains, seperti teknologi pangan, biokimia, dan teknologi DNA. Ilmu yang dipelajari oleh mahasiswa FTb UAJ tidak terbatas pada hal yang bersifat akademis saja. Mahasiswa juga diberikan wadah untuk melatif softskill sebagai bekal untuk berkarya dalam masyarakat.

Berdasarkan latar belakang tersebut, Senat Mahasiswa Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Jakarta (SM FTb UAJ) memiliki program kerja untuk membuat  suatu acara yang bertujuan untuk memperkenalkan bioteknologi pada masyarakat sekaligus menampilkan talenta-talenta yang dimiliki mahasiswa FTb UAJ baik secara akademis maupun nonakademis. Acara tersebut mengandung unsur sains, seni, dan magic science yang dikemas secara menarik berupa open house yang terdiri dari talkshow dan pameran (exhibition). Selain itu, mahasiswa juga akan menampilkan drama yang dipadukan dengan science trick sebagai puncak dari acara ini. Diharapkan dengan diadakannya acara ini, bioteknologi dapat lebih dikenal oleh masyarakat dan dianggap sebagai ilmu terapan yang menarik untuk dipelajari.

Iklan